Ujian Nasional Tingkat Sekolah Menengah Pertama kurang lebih 1 bulan lagi. Persiapan dari berbagai aspek untuk menghadapi UN ini menjadi perhatian para orang tua/wali siswa SMP N 1 Waingapu untuk memberikan dukungan moril kepada pihak sekolah.

Sambil menikmati suasana outdoor, tepat pukul 07.30 WITA, bertempat di Lapangan Basket sekolah pertemuan dimulai. Diawali oleh doa pembukaan, kemudian penyampaian maksud dan tujuan pertemuan tersebut oleh ibu Narwasty Danga Hinda, S.Pd.

"Yang menjadi harapan kami pihak sekolah, agar anak-anak kita memperoleh nilai yang memuaskan. Sangat ironis jika nilai UNnya rendah tapi nilai USnya tinggi, apalagi jika selisihnya jauh. Guru-guru kami sudah melakukan hal yang maksimal dalam membimbing siswa, dan kami mohon peran orang tua untuk ikut memperhatikan sikap belajar anak," demikian salah satu ungkapan ibu kepala sekolah.

Peserta UN kali ini berjumlah 325 siswa dengan jumlah rombongan belajar sebanyak 9 rombel. Dalam menghadapi UN, sekolah mengambil menambahkan waktu 1 jam diakhir KBM setiap hari Seni, Rabu, dan Kamis untuk membahas soal-soal UN yang telah lewat.

Pada saat sesi tanya jawab, salah satu orang tua siswa menyampaikan usulan yang dianggap penting, untuk memberi tambahan pengetahuan/pengayaan kepada siswa sehingga memiliki wawasan yang luas untuk menghadapi pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi nantinya.

"Semoga pertemuan tadi memberi gambaran kepada para orang tua/wali siswa sehingga mereka memberikan dukungan psikologi kepada anak-anak. Dalam menghadapi UN ini merupakan tanggung jawab sekolah dan juga menjadi tanggung jawab para orang tua/wali siswa," demikian ungkap pak Frans selaku guru bimbingan konseling saat ditemui disela-sela saat membereskan lapangan basket setelah pertemuan selesai.[uos]