Kenakalan siswa saat ini semakin tidak bisa diatur oleh guru, malahan guru yang harus ikut kemauan mereka . Dari banyaknya siswa hanya beberapa saja yang bersemangat belajar, itu pun hanya karena anak-anak itu dipengaruhi oleh teman-teman yang semangat belajarnya tinggi, karena perhatian yang lebih oleh orang tua, tidak dipengaruhi oleh hal-hal negatif.

Faktor-faktor yang membuat siswa jauh dari niat untuk belajar ,misalnya pengaruh buruk dari teman, pengaruh buruk itu misalnya bolos jam pelajaran, merokok, pergaulan bebas, narkoba atau minum minuman keras yang tidak sepatutnya dikonsumsi oleh remaja karena dapat merusak pikiran atau menghancurkan tubuh.

Itu semua bisa diatasi oleh diri sendiri, misalnya pandai memilih teman bukan teman yang membawa dampak negatif bagi kita, tidak bolos saat jam pelajaran, jika ada teman yang ajak untuk membolos kita tidak boleh mengikuti ajakannya, kita yang harus memberi saran agar tidak bolos.

Remaja adalah masa dimana rasa keingintahuan tinggi, dimana masa remaja mempunyai keinginan akan segala sesuatu termasuk semua hal negatif atau positif bisa di lakukannya, tapi kita harus mempunyai motivasi untuk menjauh dari hal-hal negatif tersebut.

Sebagai siswa yang juga memiliki keyakinan beragama seharusnya rajin beribadah, berdoa, membaca kitab suci, mengikuti ibadah-ibadah dan memperluas pengetahuan agar tidak dipengaruhi oleh hal-hal negatif, dan tidak lupa memohon pertolongan Tuhan agar dapat terhidar dari situasi yang buru.

Jadilah diri sendiri, bukan orang lain yang menjadikan diri kita.[*]

Penulis: Yependri M.R.Uhu (Kelas 9A)