Kota Waingapu, mungkin terdengar asing di telinga kalian. Kota ini berada di Sumba Timur NTT. Pada musim kemarau atau lebih tepat pada bulan September sampai Oktober, kota Waingapu semakin indah dan cantik karena bunga sakura yang mekar. Hal ini membuat kota Waingapu lebih mempesona mata ketika melihat bunga ini.

Kejadian ini merupakan hal yang baru di kota Waingapu. Karena baru pertama kali, fenomena ini menjadi buah bibir masyarakat setempat. Uniknya bunga ini tumbuh liar di sudut-sudut maupun di pinggir jalan di kota Waingapu. Namun Pemerintah Daerah Sumba Timur belum menjadikan fenomena ini sebagai salah satu ide untuk destinasi pariwisata.

Pemerintah harusnya melihat potensi wisata ini dengan membuat taman dengan menanami pohon sakura dengan infrastruktur pendorong seperti tempat kuliner, fasilitas olahraga dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mempunyai tempat yang indah dan bagus.

Jadi, bagi anda yang mau melihat bunga sakura tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, datang dan nikmati keindahan bunga sakura di kota Waingapu, Sumba timur.[*]

Penulis: Anjastias L. Heo (Kelas 9A)