Teknologi internet telah memberikan keuntungan yang cukup besar untuk kehidupan manusia. Beberapa keuntungan telah dirasakan oleh masyarakat umumnya, antara lain sebagai berikut.

  1. Berkirim surat melalui pos, tentu membutuhkan perlengkapan seperti kertas, perangko, dan amplop. Kemudian, surat harus dikirim melalui kantor pos selama jam kerja. Surat tersebut akan sampai paling cepat sehari atau tiga hari bahkan lebih. Dengan menggunakan internet, berkirim surat menjadi lebih mudah dan cepat. Serta dapat dikirim kapan saja dan di mana saja selama kita dapat mengakses internet.
  2. Beberapa pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Sebagai contoh, pada saat mencari informasi, berita, atau data tertentu melalui koran, atau perpustakaan. Tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup lama. Dengan menggunakan internet, pekerjaan tersebut menjadi mudah dan cepat selesai.
  3. Pendaftaran sekolah, kuliah, atau beasiswa. Biasanya pendaftar datang langsung ke lokasi pendaftaran. Bisa dibayangkan pendaftar dari Sumatra harus datang ke Bandung. Berapa biaya, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan? Dengan menggunakan internet semua menjadi lebih mudah dan cepat. Pendaftar tidak harus pergi ke lokasi pendaftaran, tetapi cukup membuka layanan pendaftaran melalui internet yang sudah disiapkan oleh panitia. Selain pendaftar mendapat kemudahan, ternyata panitia juga menjadi ringan pekerjaannya.

Masih banyak lagi manfaat dari internet yang belum dibahas di sini. Supaya lebih meyakinkan, kamu harus mencoba terlebih dahulu. Bahkan dengan seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Setiap saat memungkinkan muncul manfaat-manfaat baru yang belum dirasakan saat ini.